Aq Imoet

Aq Imoet
Cantik khan

Senin, 18 Juli 2011

Model Kepemimpinan di Era Informasi


MAKALAH
“Peng. Komputer & Internet ”
Model Kepemimpinan di Era Informasi
Dosen : Taqiyudin Subhi, S. Ag, M. g.




Disusun oleh:
Rini Waryanti
Reni Kurniasih
Sri Wahyuni
Siti Wahyuningsih
Takrimah

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUFYAN TSAURI (STAIS)
CIGARU MAJENANG
TAHUN AKADEMIK 2011 / 2012

KATA PENGANTAR


               Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini yang berjudul Musaqoh, Muzara’ah, dan Mukhabarah” tanpa ada suatu halangan apapun.
               Makalah ini kami susun sebagai salah satu materi yang akan kami presentasikan agar mahasiswa mampu bersikap aktif. kami mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung, khususnya kepada:
1.      Bpk Taqiyudin subhi, S. Ag, M. Ag. selaku Dosen Komputer yang terhormat;
2.      Rekan / Rekanita senasib seperjuangan yang berbahagia;
3.      Segenap mahasiswa / mahasiswi STAIS Majenang yang telah             
      membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
           Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Semoga makalah yang kami susun ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan pembaca pada umumnya.




                                                                                                Majenang,   Juli 2011
                                                                                      

                                                                                
                                                                                                        Penyusun



DAFTAR ISI

                
KATA PENGANTAR .................................................................................           2
DAFTAR ISI ................................................................................................           3

BAB  I      PENDAHULUAN......................................................................           4
A.    Latar Belakang .....................................................................           4
B.     Rumusan Masalah ................................................................           5
C.     Tujuan...................................................................................           5
D.    Sistematika Penulisan...........................................................           5

BAB II      PEMBAHASAN.........................................................................           6
A.    Perkembangan Informasi Sangat Diperlukan
      Pemimpin dan Kepemimpinan...............................................           6
B.     Pentingnya Membuat Organisasi Kerja Lebih Manusiawi
BagiPemimpin........................................................................           7
C.     Pemimpin Yang Efektif dan Efisien......................................           7
D.    Tipe Pemimpin.......................................................................         11
E.     Perkembangan Zaman............................................................         11
BAB III    PENUTUP...................................................................................         14
A. Kesimpulan .............................................................................         14
B. Saran........................................................................................         14

Daftar Pustaka...............................................................................................         15






BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Kepemimpinan sangat penting dalam organisasi dalam tiga hal. Pertama, kepemimpinan memastikan efektifnya upaya pencapaian tujuan organisasi. Pemimpinlah yang menggerakkan semua komponen organisasi ke arah tujuan yang hendak dicapai. Kedua, kepemimpinan memungkinkan berkembangnya organisasi. Para pemimpinlah yang mendorong terjadinya perubahan dalam organisasi melalui inovasi-inovasi baru untuk mengatasi berbagai persoalan maupun memenangkan persaingan. Di masa-masa kritis para pemimpin mampu muncul sebagai penyelamat organisasi. Ketiga, pemimpin menjadi sumber semangat dan motivasi segenap anggota organisasi. Para pemimpin seolah memberikan inspirasi semua orang untuk berbuat sesuatu.
Kekuatan kepemimpinan menghadirkan pengaruh yang akhirnya membedakan antara organisasi yang sukses dan gagal. Warren Bennis mengatakan bahwa faktor yang memampukan orang bekerja dan pada akhrinya menentukan organisasi mana yang berhasil atau gagal adalah kepemimpinan.
Pengaruh kepemimpinan bahkan masih dirasakan di luar konteks organisasi sepanjang terjadi hubungan antara pemimpin dengan pengikutnya. Mengingat kepemimpinan sangat erat kaitannya dengan kualitas kepribadian seseorang, maka pembelajaran kepemimpinan sepatutnya dikembangkan. Karena semakin lanjut dan mendalam pembelajaran tersebut dan semakin tinggi kompetensi kepemimpinan yang dicapai individu maka semakin matang pula
Makalah ini ditulis dengan tujuan dapat memberikan wawasan kepada pembaca secara garis besar mengenai kepemimpinan sehingga pembaca dapat memahami apa yang dimaksud dengan kepemimpinan dan pembaca dapat menentukan bagaimanakah kepemimpinan yang efektif dan edisien.
B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.      Apa yang menyebabkan perkembangan informasi sangat diperlukan pemimpin dan kepemimpinan di zaman modern yang serba kompleks yang disebabkan oleh proses industrialisasi ini?
2.      Mengapa untuk membuat setiap organisasi kerja menjadi lebih manusiawi menjadi hal yang penting bagi para pemimpin?
3.      Apa saja ciri-ciri karakteristik seorang pemimpin yang efektif dan efisien?

C.   Tujuan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah:
  1. Mengetahui pengertian dari belajar
  2. Mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi kesulitan dalam belajar
  3. Mengetahui ciri-ciri karakteristik seorang pemimpin yang efektif dan efisien

D.   Sistematika Penulisan
Bahan-bahan makalah saya ambil dari buku-buku Komputer dan dari internet yang berbeda-beda supaya data yang saya kumpulkan tentang materi Komputer bisa mendekati kejadian yang sebenarnya telah terjadi dan bisa menyampaikan materi dengan baik. Untuk lebih jelasnya nanti saya lampirkan pada daftar pustaka sumber-sumber yang saya ambil.





BAB II
PEMBAHASAN


A. Perkembangan Informasi Sangat Diperlukan Pemimpin dan Kepemimpinan


Berkat perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi, baru-baru ini telah muncul era baru yang disebut dengan istilah era informasi. Pada era ini, informasi telah menjadi bagian dari kebutuhan primer setiap orang. Dan dengan bantuan teknologi yang ada, informasi menjadi semakin mudah dan cepat diperoleh.
Pemimpin dalam era ini tidak lagi membatasi distribusi informasi kepada para anggota dan staf yang dipimpinnya, namun justru harus bertindak sebagai fasilitator untuk menyampaikan informasi kepada anggota atau staf yang dipimpinnya. Oleh karena itu, para pemimpin harus menjadi “kaya akan informasi”.
Kekayaan akan informasi yang dimiliki oleh para pemimpin akan membantu dalam mengenali area produktif di tengah-tengah gelombang ketidakpastian dan memampukan memimpin organisasi memasuki area tersebut dalam rangka memperoleh keuntungan.

           Dalam era informasi ini, pemimpin dituntut untuk memiliki ketrampilan, khususnya untuk mengoperasikan teknologi informasi dan menjelajahi jaringan global dunia atau yang dikenal dengan internet.
Keterampilan itu tidak sekedar untuk mengoperasikan, melainkan juga untuk mengolah data dan memanfaatkan informasi yang dihasilkan dari hasil pengolahan data itu. Bagaimana meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi pekerjaan rutin dengan memanfaatkan teknologi merupakan ketrampilan yang harus dikuasai, agar perusahaan yang dipimpinnya akan efektif dalam menjalankan roda bisnisnya dan mampu bersaing secara kompetitif.




B. Pentingnya Membuat Organisasi Kerja Lebih Manusiawi Bagi Pemimpin


           Organisasi kerja pada hakikatnya harus merupakan system yang penuh unsur-unsur kemanusiaan jangan dianggap seperti sistem robot atau sistem mesin belaka. Manajemen dalam organisasi kerja pada dasarnya harus merupakan suatu usaha mengkoordinasikan tenaga manusia yang bertumpu pada bakat dan kemampuan individu masing-masing yang terus-menerus harus dikembangkan.

           Secara implisit, organisasi kerja tersebut harus memberikan kesempatan kepada setiap warganya untuk berkembang dan merealisasikan diri serta untuk memberikan kontribusi sosial, sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing. Maka pemimpin yang berhasil ialah orang yang mampu menciptakan kondisi sosial sedemikian, sehingga setiap orang dapat memaksimalkan daya dan kreativitasnya.
Keadilan dan kesejahteraan itu harus merata, baik pada lapisan masyarakat atas maupun pada lapisan bawah. Maka nilai dan martabat individu sebagai manusia harus diutamakan faktor manusia itu lebih penting daripada mesin, uang, material, dan lain-lain.

C. Pemimpin Yang Efektif dan Efisien
Seorang pemimpin yang efektif dan efisien harus memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
1.      Knowledge / Pengetahuan
Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang baik tentang kepemimpinan dan ilmu tentang ruang lingkup kerja profesinya yang terdiri dari pengetahuan kognitif maupun skill / keterampilan. Seorang pemimpin akan dihadapkan pada situasi tertentu dimana dia harus mengambil keputusan yang tepat dalam menyelasaikan masalah. Dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat adalah pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki.
Contoh: Seorang pemimpin harus mengetahui tentang konsep kebutuhan dasar manusia, teori motivasi, teori bekerja dalam kelompok dan ilmu perilaku. Dengan pengetahuan tersebut maka ia akan lebih bisa memahami karakter anak buah / bawahannya dan hal ini bisa membantu leader dalam menentukan tindakan apa yang harus dilakukan pada bawahan agar dapat mempengaruhi motivasi dan perilakunya agar dapa bekerja sama dalam mencapai tujuan
  1. Self Awareness / Kesadaran Diri
Pemimpin yang baik harus mengenal dirinya dengan baik, diawali dengan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sehingga kekurangan tersebut dapat ditingkatkan. Perlu juga evaluasi tentang perasaan dan situasi yang berhubungan serta mekanisme koping yang dilakukan. Identifikasi koping yang dilakukan serta perbaiki koping yang destruktif atau maladaptive kearah koping yang konstruktif atau tidak merugikan dan menyakiti diri sendiri dan orang lain.
Dengan kesadaran diri yang baik kita akan menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna, setiap orang berhak untuk mengalami dan mengekspresikan rasa senang, sedih, kecewa, bahagia, cemas dan sebagainya. Seorang pemimpin yang baik harus bisa mengenali tanda-tanda ini pada bawahannya dan selalu berusaha belajar cara mengahadapi kondisi yang ada dengan cara yang baik.
Contoh: seorang pemimpin menyadari bahwa dirinya memiliki kekurangan yaitu sering tidak fokus terhadap tujuan, dengan mengetahui kekurangannya itu pemimpin tersebut dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki kekurangannya tersebut.
  1. Communication/Komunikasi
    Komunikasi adalah jantungnya kepemimpinan. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik terhadap teman maupun bawahan karena komunikasi yang baik merupakan satu strategi dalam mempengaruhi orang lain.
    Teknik komunikasi yang harus dimilki diantaranya :
a.  Mendengar aktif (active listening)
b. Menyusun arah / arus informasi
c.  Asertif / menyambut
d.       Saling memberi umpan balik
e.  Linking dan networking
f.  Mengkomunikasikan visi
Contoh: Saat organisasi yang sedang dipimpin oleh pimpinan sedang mengalami krisis, pimpinan mengkomunikasikan masalah ini kepada bawahan dan mau mendengarkan saran-saran yang diberikan oleh bawahan.
4.      Energi
Seorang pemimpin harus terus menerus tampil dengan energi yang baik dalam penampilan dan pekerjaannya. Untuk memiliki energi yang baik dan semangat yang baik maka seorang pemimpin harus memiliki rasa percaya diri dan memiliki hidup yang seimbang sehingga energi dapat terus menerus terjaga.
Pemimpin yang selalu terlihat semangat dalam penampilan dan bekerja akan memotivasi bawahan untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas kerjanya. Energi yang dimiliki seorang pemimpin akan mempengaruhi respon bawahan terhadap dirinya maupun terhadap pekerjaan yang dilakukan.
Contoh: seorang pemimpin selalu bersemangat, bergairah, dan memasang wajah yang ceria ketika bertemu dengan bawahannya sehingga bawahan yang melihat semangat pimpinannya akan termotivasi dan semangat itu akan mengalir ke jiwa bawahannya.
5.      Goal / Tujuan
Tujuan adalah apa yang akan diralisasikan atau arah yang akan dicapai, alasan seseorang dan merupakan motivasi untuk berbuat sesuatu / melakukan pekerjaan tertentu. Seorang pemimpin harus mempunyai tujuan yang jelas yang meliputi Apa, Siapa, Kenapa dan Bagaimana. Tujuan ini kemudian harus dikomunikasikan dengan bawahan agar mereka bisa menerima, memahami dan menyetujui tujuan tersebut sehingga dapat didiskusikan bersama cara pencapaiannya.
Contoh: pemimpin perguruan bela diri mempunyai tujuan akan menjadikan perguruan yang dia pimpin menjadi perguruan bela diri internasional.
6.      Action / Tindakan
Seorang pemimpin yang baik adalah pandai dalam mengambil keputusan yang tepat dan berorientasi pada tindakan / action. Untuk dapat mengambil keputusan dan bertindak dengan baik maka seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan, kesadaran diri, kemampuan berkomunikasi dengan baik, energi, dan tujuan yang jelas. Seorang pemimpin harus menjadi role model yang baik dalam cara kepemimpinannya, dalam pelaksanaan tugas maupun dalam membangun kerja sama dan bekerja sama dengan orang.
Contoh: pada sebuah acara event dan kebetulan ada satu bintang tamu yang tidak bisa hadir maka ketua harus bertindak cepat mencari pengganti bintang tamu yang tidak bisa hadir tersebut.

D. Tipe pemimpin
Tipe-tpe kepemimpin menurut beberapa ahli antara lain ; Menurut GR. Terry tipe pemimpin terbagi dalam 6 kelompok yaitu :
  1. Personal leadership
  2. Non personal leadership
  3.  Autoritation leadership
  4.  Democratic
  5.  Paternalistis
  6.  Indogenious
Selanjutnya menurut Kurt Lewis tipe pemimpin ada 3 yaitu :
  1. Otokratis
  2. Demokratis
  3. Laissezfaire
Menurut Ircham Asrori tipe pemimpin dan kepemimpinan yang baik adalah ;
  1.  Memiliki pengetahuan yang luas
  2.  Kemampuan menumbuhkembangkan
  3. Intuitif
  4. Analitik
  5. Daya ingat yang kuat
  6. Integratif
  7. Komunikasi efektif
  8. Mendidik
  9. Rasionalitas
  10. Objektif
  11. Pragmatis
  12. Menentukan prioritas
  13. Naluri yang tepat
  14. Rasa kohesi dan relevansi yang tinggi
  15. Pendengar yang baik
  16. Adaptabilitas
  17.  Fleksibilitas
  18. Ketegasan dan keberanian serta berorientasi masa depan.

E. Perkembangan zaman.

Perkembangan zaman dari zaman primitif hingga saat ini mengalami beberapa fase dengan keunggulan setiap fase atau eranya.

Fase pertama

Zaman purbakala, dengan strategi bertahan hidup cukup dengan berpindah dari satu kawasan dengan mengkonsumsi pepohonan yang berbuah hingga habis dan berpindah ke kawasan lain dan pada siklusnya kembali lagi ketempat semula, cara ini disebut dengan nomaden.

Fase kedua bercocok tanam

Dari nomaden manusia mulai mengenal cara bercocok tanam dan menetap pada suatu hamparan pertanian dan peternakan. Pada era ini siapa yang mampu dan mempunyai tenaga maka lahan yang digarapnya akan semakin luas dan ia akan menjadi tuan tanah yang disegani dieranya.Tak salah kalau dizaman ini semboyan banyak anak banyak rezeki berlaku karena tenaga menggarap lahan pertanian semakin banyak dan area yang dimiliki juga akan semakin luas.

Fase modal / mesin

Ditemukannya mesin uap dan berkembang dengan mesin lainnya merubah negara agraris menjadi industrial. Fase ini baru saja kita lewati yang ditandai dengan siapa pemilik modal dengan mesin produksinya maka produknya menguasai dunia dan pemiliknya menjadi orang yang berkuasa. Modal lain yang apabila dapat dikuasai seperti emas, barang tambang lainnya hingga emas hitam (minyak mentah) maka merekalah yang akan menguasai dunia. Tak heran pada era ini banyak negara yang kuat berlomba untuk menancapkan kuku mereka di negara yang miskin dan lemah untuk menguasai emas hitamnya, kadang untuk menguasai tersebut dihembuskan isu Ham dan lainnya.

Fase informasi / kecerdasan

Saat ini era informasi, dimana yang menguasai informasilah yang menguasai dunia. Maraknya dunia industri bahkan sampai melintasi negara sebuah perusahaan holding yang mempunyai anak perusahaan dibanyak negara mendorong penggunaan teknologi informasi untuk mengkordinasikan perusahaannya dengan baik. Dengan memanfaatkan informasi dan segala keunggulannyalah sebuah perusahaan multinasional dapat berkembang dan menguasai dunia.

Dari uraian diatas jelas bahwa dengan tipe pemimpin yang baik dan ideal tersebut ditambah dengan penguasaan teknologi informasi diharapkan akan dapat mengimbangi persaingan dunia yang saat ini berlomba dalam penguasaan
informasi dan teknologinya.

Pemimpin yang diharapkan dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik adalah tipe pemimpin yang dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan keputusan dan kebijakan yang berbasis lingkungan. Kenapa lingkungan ? karena isu global warming menyadarkan dunia bahwa mengkonsumsi atau menggunakan produk dan cara produksi yang ramah lingkungan akan mendapat simpati dari masyarakat dunia. Pemimpin yang saat ini tidak berorientasi lingkungan maka pemimpin tersebut akan ketinggalan zaman dan apapun hasil kerjanya akan diboikot oleh masyarakat dunia yang saat ini telah sadar akan arti pentingnya menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan.


























BAB III
P E N U T U P

A.  Kesimpulan
Berdasarkan uraian pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa:
  1. Dalam era informasi ini, pemimpin dituntut untuk memiliki ketrampilan, khususnya dalam hal perkembangan informasi yaitu bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan mampu bersaing secara kompetitif.
  2. Pemimpin yang berhasil ialah orang yang mampu memberikan kesempatan kepada setiap warganya untuk berkembang dan merealisasikan diri serta untuk memberikan kontribusi sosial, sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing orang sehingga setiap orang dapat memaksimalkan daya dan kreativitasnya.
  3.  Karakteristik pemimpin yang efektif dan efisien adalah pemimpin yang mempunyai sifat-sifat pengetahuan, kesadaran diri, komunikasi, energi, mempunyai tujuan, tindakan, dan memiliki kualitas diri serta kualitas perilaku.

B. Saran
Menyadari pentingnya peranan kepemimpinan dalam sebuah organisasi termasuk dalam suatu negara maka alangkah baiknya jika seluruh pemimpin-pemimpin yang ada di Indonesia untuk menanamkan karakteristik pemimpin yang efektif dan efisien sebagaimana yang telah dibahas di atas.
Setelah Penulis dapat menyelesaikan makalah ini, saya harapkan saran dan kritik dari bapak pembimbing dan rekan-rekan sekalian demi kesempurnaan makalah ini. Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi yang membaca. Amien.




DAFTAR PUSTAKA
Kartono, Dr. Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan Apa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 1994.
http://www.rajawana.com/artikel/pendidikan-umum/258-kepemimpinan-efisien-dan-efektif.html
http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas-makalah/kepemimpinan/kualitas-sdm
http://entinkartinahmajalengka.blogspot.com/2009/04/hubungan-antara-organisasi-administras.html
http://forum.pnpm-jatim.com/viewtopic.php?id=5
http://blog.poltekmalang.ac.id/media/3/200905267.%20KEPEMIMPINAN%20DI%20ERA%20INFORMASI.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar